Selasa, 16 Agustus 2011

'Ngecas' Ponsel Dengan Memanfaatkan Energi Gerak Roda Sepeda

Kabar baik bagi pencinta sepeda yang kini sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebagai alat transportasi, saat ini sepeda juga bisa digunakan untuk mengisi tenaga pada baterai ponsel.

Belum lama ini Nokia meluncurkan Nokia Bicycle Charger Kit, charger yang memanfaatkan energi gerak roda sepeda. "Sepeda merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di mana pun. Jadi ini hanya salah satu keuntungan dari kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari," ujar Andrea Facchini, Marketing Director Nokia, dalam rilisnya pada 16 Agustus 2011.

Perangkat ini terdiri dari charger dan dinamo serta dilengkapi dengan penyangga ponsel pada sepeda. Perangkat ini dapat digunakan untuk semua jenis ponsel dengan 2 mm charging jack, sehingga dapat digunakan di semua tipe ponsel Nokia.

Cara kerja alat ini adalah pengubahan energi gerak roda sepeda menjadi energi listrik oleh dinamo, kemudian diantarkan pada ponsel. Nokia mengklaim dengan bersepeda selama sepuluh menit dengan kecepatan 6,5 kilometer per jam charger ini memberikan tenaga bagi ponsel sebanyak 28 menit waktu bicara dan 37 jam waktu siaga.

Bagi Anda yang tertarik, perangkat ramah lingkungan ini telah tersedia di pasaran dengan harga ritel Rp 199 ribu.

sumber: http://www.tempo.co/hg/iptek/2011/08/17/brk,20110817-352182,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews