Senin, 11 April 2011

macam-macam tanaman obat untuk Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus sering disebut 'ibu segala penyakit', karena penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berat. Berbagai tindakan medis dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Beberapa tanaman obat juga dipercaya mampu mengusir keluhan akibat penyakit gula ini. Di antaranya:

1. Ciplukan
Ambil satu buah tanaman ciplukan yang sudah berbuah. Cabut beserta akar-akarnya, bersihkan. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 1 kali sehari.


2. Jambu biji
Ambil 1 buah jambu biji setengah masak. Dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Jambu monyet
Ambil 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.



4. Belimbing wuluh
Ambil 3 genggam daun belimbing wuluh, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Kacapiring
Ambil 12 lembar daun kacapiring, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.


6. Petai cina
Ambil segenggam biji petai cina yang sudah tua dan kering. Biji itu kemudian digoreng tanpa minyak (disangrai), lalu ditumbuk halus. Ambil satu sendok petai cina yang sudah menjadi bubuk, diseduh dengan segelas air panas. Diminum 1 kali sehari. Lakukan secara teratur.


7. Kedelai hitam
Ambil segenggam biji kedelai hitam. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum sehari sekali, secara teratur.


8. Kunyit
Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum air rebusan ini seminggu dua kali, masing-masing setengah gelas.

sumber: suara merdeka

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews