Sabtu, 19 Maret 2011

perbaiki ponsel rusak tersiram air hujan

Penyakit ponsel yang rusak  akibat tersiram hujan, terendam, dan kerusakan lain yang disebabkan oleh air sangat beraneka ragam dari mati tottal, no signal hingga no charging, hampir semua kerusakan ponsel dapat disebabkan oleh air.

Apa yang harus dilakukan jika ponsel ternyata benar-benar basah, berikut ini trik menarik untuk mengatasi masalah ini, cara-caranya sbb:

  1. Lepaskan baterai SECEPATNYA untuk mencegah short lebih parah
  2. Buka casing ponsel, dan lepaskan semua bagian-bagian utama ponsel dengan menggunakan obeng set
  3. Bersihkan dan keringkan bagian ponsel dan semua komponen-komponennya dari cairan yang melekat padanya
  4. Pastikan tidak ada bercak putih akibat cairan, gunakan cairan IPA (Iso Propanol Alcohol) untuk membersihkannya atau anda dapat menggunakan Thiner (bersihkan dengan menggunakan sikat atau anda dapat menggunakan bak pencuci khusus untuk PCB Ponsel)
  5. Gunakan hair dryer atau solder Uap untuk mengeringkan semua bagian dan komponen ponsel (perhatikan penggunaan solder uap agar tidak terlalu panas yang dapat merusakan IC dan PCB ponsel, hembusan udara yang dikeluarkannyapun harus kuat yang dapat diatur pada tombol air dalam posisi maksimum dan temperatur panas  menunjukan angka 2 atau 200 pada hot air digital. Atau anda dapat menggunakan cara pengeringan yang sederhana cukup dengan di angin-anginkan atau menggunakan kipas angin
  6. setelah yakin ponsel tersebut benar-benar kering pasangkan semuanya kembali seperti sediakala.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews